Minggu, 26 Mei 2019
NasionalPilpres 2019Politik

Prabowo-Sandi Sukses Rebut Suara Di Purwakarta

Prabowo-Sandi Sukses Rebut Suara Di Purwakarta (lensafakta.com)
24views

Purwakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta, sudah merampungkan penghitungan suara hasil Pemilu 2019. Penghitungan tersebut telah rampung, hanya dalam dua hari dari target tiga hari, mulai dari (30/4/2019) hingga pada (1/5/2019) malam.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 menang dalam peraihan suara di Purwakarta. Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno, memperoleh suara sebanyak 406.988 suara.

Sementara pasangan capres-cawapres kubu Petahana, hanya memperoleh suara sebanyak 155.863 suara. Jumlah surat suara yang masuk berjumlah 579.900. Dari total itu, sekitar 562.851 suara dinyatakan sah. Juga, sisanya suara yang tidak sah hingga 17.049.

Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman, mengungkapkan, sekarang ini tahapan penghitungan telah rampung. Apalagi, surat suara serta yang lainnya sudah dikirim ke KPU provinsi. Hal itu di sampaikan oleh Ahmad kepada sejumlah media, pada (2/5/2019).

“Rekapnya sudah beres di tingkat kabupaten,” kata Ahmad.

Untuk partisipasi politik, Ahamd menjelaskan, cukup banyak. Apalagi, terdapat penambahan dari partisipasi politik dibandingkan ketika Pilgub Jabar 2018. Hal tersebut, memperlihatkan kesadaran masyarakat Purwakarta akan berdemokrasi mengalami kemajuan.

Untuk itu, akan memasuki tahapan penyelesaian sengketa hasil pemilu DPR, DPD, DPRD provinsi serta DPRD kabupaten. Berhubungan dengan agendanya, masih dalam pembahasan.

Prabowo-Sandi Sukses Rebut Suara Di Purwakarta
Prabowo-Sandi Sukses Rebut Suara Di Purwakarta (lensafakta.com)

Setelah itu, mulai (23/5/2019) hingga (15/5/2019), terdapat tahapan perampungan sengketa hasil pemilu presiden dan wakil presiden. Tampaknya, untuk Purwakarta, tak terdapat laporan yang masuk. Dengan artian lain, tak terdapat laporan sengketa untuk pilpres.

Setelah itu tahapan yang selanjutnya, yakni penetapan peraihan kursi serta calon terpilih. Tanpa permohonan perselisihan hasil pemilu tersebut. Agenda untuk agenda tersebut, menyusul.

“Setelah itu, paling lama setelah tiga hari setelah ada penetapan putusan MK tentang perselisihan dibacakan. Masuk pada tahapan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih pasca putusan MK,” tuturnya.

Setelah itu, pada Juli hingga September 2019, diagendakan akan peresmian anggota legislatif terpilih. Sedangkan untuk pengucapan sumpah serta janji para kandidat yang terpilih, direncanakan antara Agustus hingga Oktober 2019.

Leave a Response