Jumat, 19 April 2019
NasionalPilpres 2019Politik

Jelang Debat Kelima, Prabowo-Sandi Kumpulkan Masukan Dari Para Pakar

16views

Jakarta – Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mengungkapkan sudah mengawali persiapan debat kelima yang akan memperhadapkan pasangan capres-cawapres. Salah satu yang di jalankan yakni dengan menggalang usulan dari para ahli soal tema yang akan di gunakan di debat kelima. Hal itu di sampaikan Sudirman Said selaku Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, pada (8/4/2019).

Debat kelima tersebut di lakukan dilakukan di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat, pada (13/4/2019) mendatang. Debat itu juga akan menggunakan tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri.

“Kami sudah menghimpun masukan dari para pakar, praktisi, akademisi, dan politisi. Sesudah itu merumuskan poin-poin penting yang akan menjadi tawaran program Pak Prabowo-Sandi. Tentu semuanya mengacu pada rumusan visi-misi dan program kerja yang sudah disampaikan kepada KPU,” ujar Sudirman Said.

Dia menjelaskan, tidak ada pemisahan tugas yang khusus antara Prabowo dengan Sandi saat debat kelima mendatang. Sudirman menyatakan, Prabowo mengetahui persoalan secara mendasar serta solusi strategisnya. Sementara, Sandi sebagai pelaku ekonomi dinilainya mengerti eksekusi.

“Tidak ada pembagian tugas yang kaku di antara keduanya. Nanti beliau berdua akan saling mengisi. Pak Prabowo memahami fundamental issue dan solusi strategisnya. Pak Sandi pelaku ekonomi yang paham detail eksekusinya. Jadi ini pasangan yang saling melengkapi dan saling memperkuat satu sama lain,” jelas dia.

“Siapa yang akan lebih banyak bicara, nanti tergantung situasi ketika debat berlangsung,” sambung dia.

Bukan hanya itu, dia menyatakan, jika Prabowo-Sandi tak mempunyai niat untuk menyerang di dalam debat nanti. Dia percaya, jika debat bukan menjadi arena untuk saling menjatuhkan.

Jelang Debat Kelima, Prabowo-Sandi Kumpulkan Masukan Dari Para Pakar
Jelang Debat Kelima, Prabowo-Sandi Kumpulkan Masukan Dari Para Pakar (lensafakta.com)

“Seperti debat-debat sebelumnya, Pak Prabowo dan Pak Sandi tidak punya intensi menyerang. Kalau ada yang harus diluruskan atau dipertanyakan mewakili hak publik, beliau akan lakukan secara proporsional. Kami berkeyakinan debat bukan arena untuk saling menjatuhkan, melainkan sarana penerangan dan pendidikan publik,” kata Sudirman.

Faldo Maldini selaku Juru bicara BPN Prabowo-Sandi, mengungkapkan, jika materi yang di gunakan di dalam debat tersebut telah dilakukan pihaknya, salah satu contohnya yakni Rumah Siap Kerja. Prabowo-Sandi dinilainya telah sangat memahami tema debat tersebut.

“Terkait tema debat, kita sudah lakukan semua. Rumah Siap Kerja, misalnya, sudah jalan di beberapa tempat. Bang Sandi sudah lama jadi investor di banyak perusahaan. Pak Prabowo sudah bantu pulangkan TKI yang akan dihukum mati. Bagi Pak Prabowo dan Bang Sandi, debat terakhir cuma menjelaskan pengalaman dan prestasi mereka selama ini. Nanti, paling debatnya kayak sharing session saja dari Pak Prabowo dan Bang Sandi,” ungkap Faldo.

Dia mengatakan, bahwa tidak ada persiapan khusus untuk debat kelima nanti. Sementara itu, dia menyinggung pemerintah sekarang ini yang hanya memberikan janji namun tidak diwujudkan.

“Ini kan tinggal menjelaskan komitmen saja. Percuma janji macam-macam kalau tidak bisa dijamin untuk dilaksanakan. Kalau kepemimpinan penuh dengan intervensi politik, ya tidak ada kedaulatan kepala negara. Apa pun konsep Pak Prabowo, beliau bisa berikan garansi politis, agar itu semua program itu tercapai,” pungkas Wasekjen PAN itu.

Leave a Response