Selasa, 11 Desember 2018
NasionalOpiniPilpres 2019Politik

PRABOWO DAN PEMBERDAYAAN ANAK MUDA

PRABOWO DAN PEMBERDAYAAN ANAK MUDA
12views

Banyak pertimbangan kenapa saya memilih berjuang bersama Partai Gerindra. Salah satunya adalah figur Prabowo Subianto yang begitu mempercayai dan memberi kesempatan kepada anak-anak muda untuk berkarya dan berkontribusi kepada negara.

Bila hampir di setiap partai politik pada umumnya, tokoh senior dan orang tua selalu mendominasi posisi penting, tetapi di Gerindra justru sebaliknya. Begitu banyak anak muda yang diberikan mandat dan menjabat posisi strategis. Mulai di tingkat pusat (DPP), tingkat provinsi (DPD), hingga tingkat kabupaten/kota (DPC).

Bila anda berkunjung ke Kantor DPP Gerindra yang terletak di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, begitu banyak anak muda yang sibuk dengan setumpuk berkas, layar laptop hingga rapat-rapat kecil.

Pemandangan yang sama juga bisa disaksikan di lingkungan Fraksi Gerindra di Senayan. Peran anak muda begitu dominan. Mulai dari anggota dewan hingga jajaran staf ahli atau tenaga ahli. Dengan beragam latar belakang dan kemampuan, mereka menjadi backbone perjuangan Gerindra dalam menyikapi sederet kebijakan pemerintah.

Anggota DPR RI termuda pun lahir dari Fraksi Gerindra bernama Ade Rizki dari Sumatra Barat. Belum lagi sederet nama legislator muda seperti Moreno Suprapto, Aryo Djojohadikusumo, Budisatrio Djiwandono, Elnino Mohi dan lain sebagainya. Mereka rela menanggalkan kehidupan mudanya demi menjadi pejuang politik.

Banyak orang yang belum tahu, Prabowo rela mengeluarkan kocek besar untuk membina dan mendidik para sarjana muda dari berbagai pelosok daerah dengan nama Gerindra Masa Depan (GMD). Mereka adalah kumpulan anak muda dengan torehan IPK dan IQ cukup tinggi. Prabowo sendiri yang kerap mengisi kelas mereka.

Prabowo rela membina dan mendidik anak-anak muda dari Sulawesi Utara untuk aktif bersama group marching band Cangka Garuda Yaksa (CGY). Mereka lah yang membuat acara Gerindra selalu meriah dengan atraksinya.

Prabowo rela membina dan mendidik para pesilat dari penjuru Nusantara melalui perguruan Satria Muda Indonesia (SMI) yang sudah melahirkan banyak pendekar dengan gelar juara dunia.

Prabowo juga rela mendidik dan membina anak muda untuk terlibat menggerakan roda ekonomi kerakyatan melalui Koperasi Garudayaksa Nusantara (KGN) di berbagai daerah, dan sederet program lainnya yang masih banyak tidak disebut.

Saya sendiri bingung dan tidak bisa menghitung sudah berapa banyak anak muda yang dia kuliahkan baik di dalam hingga luar negeri. Sudah berapa banyak anak muda yang dia kursuskan dan dia libatkan secara langsung untuk berbisnis.

Bila dihitung secara matematika, ini adalah pengeluaran yang belum jelas keuntungannya. Tapi memang dasar watak Prabowo, dia tidak pernah memikirkan untung rugi dalam mencetak generasi penerus bangsa. Yang dia pikirkan hanyalah berbuat semaksimal mungkin dengan ide dan gagasannya.

PRABOWO DAN PEMBERDAYAAN ANAK MUDA
PRABOWO DAN PEMBERDAYAAN ANAK MUDA

Kalau ada partai politik yang mengaku sangat berjiwa muda dan memberikan ruang kepada kaum muda, bagi saya itu hanyalah sebatas wacana. Tetapi di Partai Gerindra, pemberdayaan kepada generasi muda merupakan realita yang sudah menjadi fakta.

Bila di depan kamera kita hanya mengenal Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerindra, di belakang kamera dia merupakan figur pendidik, guru dan sahabat bagi anak-anak muda penentu nasib bangsa.

Anak muda yang siap berjuang untuk Indonesia, anak muda yang siap menjaga nilai-nilai Pancasila, anak muda yang beragam sukunya, beragam agamanya dan beragam latar belakangnya.

Ada pepatah berkata, “Politikus memikirkan pemilu, negarawan memikirkan generasi masa depan”. Dan Prabowo bukan sekadar politikus, tetapi juga seorang negarawan yang memikirkan Bangsa ke depan meski tahta dan harta menjadi taruhannya.

Di akhir catatan, saya ingin mengutip sebuah lirik pembuka dari Mars Partai Gerindra,

“Mari berjuang bersatu membangun Indonesia. Mari melangkah bersama Partai Gerindra. Singsingkan dharma baktimu, pikiran dan tenaga. Untuk Indonesia tercinta maju dan jaya…”

Salam Indonesia Raya…!

TB.Ardi Januar

*Penulis adalah kader muda Partai Gerindra

Leave a Response