Senin, 17 Juni 2019
Ekonomi

Menteri Darmin Menyebutkan Bahwa Akan Ada Sertifikasi Ekspor Kayu untuk UMKM Gratis!

Menteri Darmin Menyebutkan Bahwa Akan Ada Sertifikasi Ekspor Kayu untuk UMKM Gratis!
76views

Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan bahwa dengan makin banyaknya UMKM yang masuk ke sistem verifikasi legalitas kayu (SVLK) dapat mendorong ekspor kayu nasional.

Hal ini diungkapkan Darmin dalam pencanangan Program Nasional Fasilitas Sertifikasi Legalitas Kayu bagi industri kecil menengah serta petani hutan rakyat.

Apalagi dengan program pencanangan itu, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah akan dipermudah untuk bisa masuk ke SVLK. Menurut Darmin khusus di bidang kehutanan, salah satu kebijakan yang penting adalah meningkatkan ekspor SVLK

“Ini adalah upaya kita untuk memperbaiki ekspor, sehingga defisit bisa dikendalikan dengan baik, kita dapat mengendalikan nilai tukar dengan lebih stabil,” kata Darmin di gedung Manggala Wanabakti Jakarta pada Jum’at, 24 Agustus 2018.

Darmin berharap agar program yang dicanangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mempermudah pengurusan sertifikasi dapat dimanfaatkan bagi para pelaku UMKM.

“Jadi, Sistem legalitas kayu bagi UMKM ini adalah kebijakan yang ditempuh dari strategi penyederhanaan serta pemberian subsidi biaya untuk UMKM, bahkan arahnya akan gratis,” ucapnya.

Darmin mengatakan bahwa kinerja ekspor kayu Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Misal, pada tahun 2015 sebesar US$9,8 miliar dan telah meningkat menjadi US$10,9 miliar pada tahun 2017.

“Nilai ekspor tersebut akan terus meningkat dengan sejalannyya dan semakin meratanya perusahaan UMKM yang memperoleh SVLK,” tuturnya.