Kamis, 15 November 2018
Wisata

Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Ujung Timur Kalimantan

Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Ujung Timur Kalimantan
323views

Bicara soal Derawan Kalimantan Timur, pasti bicara tentang Raja Ampat. Karena aset alam di tempat ini tidak jauh berbeda sobat. Mulai dari udaranya yang sejuk, lautannya yang berwarna biru, air yang bersih dan masi banyak lagi deh. Keindahan laut pulau Derawan Kalimantan Timur tak cuma disini saja, tapi pulau-pulau sekitarnya juga sungguh cantik. Kalian yang kesini pastinya bakal mengunjungi pulau tetangganya juga, seperti pulau Kakaban, Sangalaki, dan Maratua.

Kepulauan Derawan Kalimantan Timur memiliki kekayaan bawah laut yang tidak biasa, jadi tak mengherankan apabila lalu Derawan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata menyelam terbaik di dunia. Setidaknya 460 jenis karang dan lebih dari delapan ratus tujuh puluh jenis ikan mampu ditemukan ditempat ini kalian. Kepulauan Derawan Kalimantan Timur memiliki beberapa spesies unik dan dilindungi, di antaranya dikenal sebagai kepiting kelapa, ikan paus, lumba-lumba, dan duyung.

Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Ujung Timur Kalimantan

Kepiting kelapa ditemukan di tidak jauh Pulau Kakaban dan Maratua, sementara paus dan lumba-lumba di bulan-bulan tertentu bisa Kamu lihat di sekitar Semama, Sangalaki, Kakaban dan Maratua. Duyung berenang di sekitar Pulau Tidak pendek dan Semama, sementara pari manta ditemukan di sekitar Sangalaki. Kuda laut kerdil ada di sekitar Semama dan Derawan Kalimantan Timur. Spesies yang dilindungi lainnya dikenal sebagai barakuda.

Transportasi dan peralatan menyelam disediakan resort Derawan Kalimantan Timur. Untuk akomodasi, juga bungalow berupa kediaman bergaya kalimantan dan disediakan oleh resort itu dengan pemandangan menghadap laut yang indah. Sobat juga bisa menyewa perahu yang didesain untuk tempat tinggal bila mau tinggal di kapal, biasanya untuk perjalan jarak jauh.