Senin, 17 Juni 2019
Budaya

Mengenal Tradisi Unik Yang Ada di Indonesia, Dugderan Semarang

Mengenal Tradisi Unik Yang Ada di Indonesia, Dugderan Semarang
299views

Indonesia memang memiliki berbagai adat-istiadat, mulai dari musik , pakaian, adat istiadat, rumah,dll.Bahkan disetiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing.Kali ini beberapa tradisi yang mewakili keanekaragaman adat istiadat Indonesia yang unik dan mungkin hanya ada di Indonesia.

Banyak cara dan tradisi yang digelar warga untuk menyambut datangnya Ramadan. Tak terkecuali warga Semarang, Jawa Tengah memiliki tradisi Dugderan, yang tak sekadar pasar rakyat tetapi juga sekaligus menandai awal masuknya bulan puasa.

Dugderan merupakan satu upacara yang menandai bahwa bulan puasa telah datang. Sebelum bulan puasa, dugderan direalisasi tepat satu hari Kata Dugder diambil dari perpaduan suara dugdug dan suara meriam yang mengikuti lalu diasumsikan dengan derr.

Mengenal Tradisi Unik Yang Ada di Indonesia, Dugderan Semarang

Di Kota Semarang menyambut kedatangan Bulan Suci Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi dengan tradisi unik yaitu Dugderan. Acara Dugderan ini berisi karnaval yang diikuti pasukan merah putih, drumband, pasukan pakaian adat berbagai daerah, meriam, warak ngendok, serta berbagai kesenian di Semarang.

Tradisi ini selalu menyedot perhatian masyarakat karena banyak pedagang ‘tiban’ yang berjualan di pasar rakyat sepekan sebelum Ramadan. Puncak acara dugderan adalah satu hari sebelum bulan puasa, berupa karnaval yang diikuti pasukan merah putih, drumband, pasukan pakaian adat berbagai daerah, meriam, warak ngendok, serta berbagai kesenian di Kota Semarang.

Ciri Khas acara ini adalah warak ngendok, sejenis binatang rekaan yang bertubuh kambing berkepala naga serta kulit sisik emas. Visualisasi warak ngendok dibuat dari kertas warna – warni. Acara ini dimulai dari jam 08.00 sampai dengan maghrib di hari yang sama juga diselenggarakan festival warak dan Jipin Blantenan.